Friday, 7 October 2016

Pengalaman ngurus e-KTP Part II

Hi Guys, gimana kabar lo hari ini? Kalo kabar gue hari ini gue lagi sebel sekaligus lega, because what?? Yea seperti postingan gue sebelumnya kalian pasti udah tau kan kali ini berarti gue akan ngebahas apa?  

Yap kali ini gue akan ngebahas tentang kelanjutan dari perjuangan gue memperbaiki data e-KTP gue di Capil pelaihari. Langsung aja ya guys, setelah sekitar 1 mingguan gue nunggu SMS dari capil yang “katanya” kalo e-KTP gue udah selesai dicetak akan diSMS, and do you know? Ternyata ga ada sama sekali SMS masuk dari Capil, lo banyangin aja selama- lamanya antrean gak ada yang sampe seminggu gini, apa lagi Cuma cetak e-KTP doang, lo tinggal masukin no NIK (No Induk Kewarganegaraan) nya dan kalo no NIK lo di KTP itu cocok dengan no NIK di Kartu keluarga ya udah gak ada masalah itu artinya lo tinggal perubahan data dan cetak. Secara logika sih harusnya gak sampai seminggu ya..

Gue udah gak sabar, geregetan banget itu sama kerja petugas capil disana yang super lambat banget kerjanya dan awur-awuran, akhirnya di hari ke 8 tepatnya hari rabu,  gue coba untuk kesana lagi dengan maksud ngambil e-KTP gue yang gue sendiri gak tau udah selesai di cetak atau belum, karena kebetulan ada tentangga gue seorang ibu-ibu yang mau ngurus e-KTPnya juga karna hilang, oia kalo lo kehilangan e-KTP lo harus minta surat keterangan kehilangan dari Kantor desa, lanjut ke polsek dan terakhir lo minta surat keterangan dari Kecamatan, setelah berkasnya komplit lo baru bisa urus e-KTP lo langsung ke Capil dan whalaa…. e-KTP lo langsung jadi guys, tanpa harus ribet nunggu lama kaya gue, gue sendiri heran karna hari itu ada juga ternyata tetangga gue yang perubahan data karna dia pindah domisili dari Kintap ke Jorong which is sama aja kasusnya kaya gue “Perubahan data” dan Whalaa.. langsung cetak hari itu juga. Dengan kejadian itu semua gue makin heran dan makin sebel sama pelayanan di Capil itu akhirnya gue tanpa ragu nanya sama salah satu petugas pelayanan disana dan lo tau apa yang mereka katakan ke gue ? mereka bilang e-KTP gue belum jadi, dan gue disuruh ngumpul Kartu keluarga lagi dengan alasan kalo data mereka banyak gak Cuma gue yang dilayani, What??? Gue gak salah denger atau gimana karna secara logika lo pikir aja kalo lo tanggung jawab sama perkerjaan lo pasti akan menyimpan data itu baik- baik dan nga etis aja kalo  jawab customer dengan kata-kata yang menurut gue nga pantas diucapkan. Dan itu keliatan bodoh karna secara nga langsung mereka ngasih tau bahwa kinerja kerja mereka sendiri itu gak becus dan amburadul.

Setelah gue perang mulut sama 3 petugas cewe disana yang super jutek dan cerewet, gue dikatain marah-marahlah, ini lah itulah, padahal mereka duluan yang marah-marah ke gue karna gue bicara blak-blakkan ke mereka, gue bilang ke mereka kalo gue yang sampe lebih dari 2 mingguan ngantri belum selesai-selesai, dan mereka yang baru aja datang tapi langsung kelar hari itu juga, kenapa bisa gitu? Dan gue juga bilang ke mereka kalo gue ini ngantri ngurus sendiri data gue sesuai dengan himbauan mereka yang terpampang nyata didepan pintu masuk pelayanan dan terpampang dimana- mana tapi lama banget kelarnya, sedangkan yang pakai calo kok cepet, 1-2 hari dah kelar kenapa bisa gitu? Padahalkan cetaknya sama-sama dicapil sini? Apa yang dari calo didulukan sedangkan yang ngantri dikesampingkan?? Mereka gak bisa jawab apa-apa guys  dan pergi gitu aja sambil ngatain gue macem-macem.

Ini ni guys salah satu contoh yang bikin Indonesia gak bisa maju, pola pikir yang aneh menurut gue, kalo mau cepet ya udah pakai calo dijamin deh urusan lo kelar dengan mudah gak perlu repot-repot ngantri, dan parahnya si petugas juga menerima semua itu dengan seneng-seneng aja. Gue yakin mereka sadar bahwa apa yang dilakuin mereka itu salah.. tapi ya itulah mereka gak pernah mau merubah minimal dari diri sendiri lah ya. Gak Cuma petugasnya tapi juga dari kesadaran masyarakatnya juga yang gak bisa dukung Indonesia maju, seperti yang pernah gue singgung Rakyat Indonesia itu susah banget untuk memulai sesuatu yang sebenernya memang harus begitu. Mereka Cuma bisa Omdo tapi sedikitpun mereka gak pernah perjuangkan omongan itu alias cari aman aja. Emang sie gak semua Rakyat Indonesia gitu, tapi gue yakin yang bersikap kaya gitu pasti jauh lebih banyak jumlahnya dibanding yang engak.

Balik lagi ke permasalahan e-KTP gue, setelah gue gak berhasil ngambil e-KTP gue dihari ke 10 karna mereka gak bisa nemuin data gue yang udah gue kumpul sama si embak- embak petugas yang super cerewet itu.   Padahal gue udah suruh mereka cari ke belakang- belakang tapi belum dicari mereka udah bilang gak ada dan ngomel-ngomel nga jelas sampe orang-orang disekeliling gue ngeliatin gue debat sama itu petugas, gue sie cuek karna gue ngrasa emang gak salah dan itu murni kelalaian petugas. Kadang guys orang Indonesia itu gak berani ngomong langsung apa unek-uneknya, mereka lebih suka ngedumel dibelakang, tapi emang gak semua sie. Oia gue juga kemarin sempet ketemu ibu-ibu disana yang mau ngambilkan e-KTP suaminya katanya udah sebulan gak ada SMS dan Telp dan ternyata setelah dicari ada guys. Gue sangat geleng-geleng kepala ngeliat kesibukan si petugas-petugas dibalik meja kerjanya yang keliatan sok sibuk tapi gue yakin 100% mereka kerjanya gak teratur dan gak ada target contohnya mereka hari ini mau ngapain dan ngerjain apa, makanya banyak banget kerjaan yang gak beres dan bahkan banyak data yang  keselip / ilang entah kemana buktinya gue disuruh nyerahkan KK lagi yang kebetulan hari itu gue ngak bawa karna itu tadi guys dimana- mana kalo kita udah ngumpulkan data yang tinggal ambil hasilnya aja masa iya harus ngumpul dua kali. Jujur baru kali ini gue alamin. Dan yaa… gue hari itu pulang dengan tangan kosong.

Keesokan harinya tepatnya hari ke 11 gue balik lagi kesana pagi-pagi sekitar jam setegah 7 dari rumah, padahal badan udah cape banget tapi demi e-KTP gue paksain deh kesana, padahal udah banyak banget temen gue yang nyaranin supaya gue kasi duit aja kepetugasnya tapi prinsip gue “ Gue gak akan pernah mau ngasih tips kaya gitu kepetugas apalagi dengan maksud terntentu karna gue mikir kalo gitu gue gak ada bedanya dong sama orang-orang yang berikiran aneh dan gak mau maju. Sebagai pegawai yang kerja di Kantor pelayanan publik apalagi milik pemerintahan gak ada tips atau uang suap buat pegawainya biar susahnya kaya gimana gue harus perjuangin e-KTP gue karna itu emang tugas mereka. Dan mereka harus dikasi tau bahwa itulah tugas mereka dan itu Tanggung jawab mereka supaya mereka sadar dan gak kebiasaan. Apapun kendala yang dihadapi sama mereka, intinya mereka harus kasih pelayanan yang terbaik untuk masyarakatnya. Itu baru bener guys. Sebagai Warga Negara yang baik kita harus ikut berpartisipasi untuk membuat Indonesia ini jadi lebih baik. Jangan hanya Cuma menuntut pemerintah aja tapi semua itu kita lakukan dari diri sendiri.
Nah sesampai gue disana, gue dikasi nomor antre, padahal tumben baru kali ini ada nomor antre kaya gitu, tapi baguslah menurut gue karna itu lebih baik, waktu itu gue dapat no 13 dan setelah giliran gue dipanggil, gue maju dan nerangin masalah gue, mereka pikir gue mau cetak e-KTP / pendaftaran e-KTP baru. Beruntung disana ada seorang bapak- bapak, dia itu kayanya yang kemarin meja kerjanya dibalik pintu yang udah gue certain part sebelumnya, kayanya ngawasin kerja tu ibu-ibu rempong yang kemarin debat sama gue, gue ditanya segala macem apakah data di KK gue udah bener atau enga dan gue nyerahin data sama siapa dan bla-bla-bla…. Karna gue ditanya gitu ya udah gue tujuk si mbak-mbak cerewet yang kemarin juga debat sama gue, dan dia kaya bingung gitu pas gue bilang gue udah nyerahin data ke dia, tu kan ketahuan banget kalo mereka itu kerjanya gak bener, akhirnya KK yang gue bawa tadi diambil terus dicek no NIK nya dan gue kaget pas si petugas cewek itu bilang kalo e-KTP gue ini udah dia cetak dari beberapa hari yang lalu.. bapak- bapak pengawas itu sempet Introgasi dan petugas cewe itu tetep dalam kebingungannya,  lalu dia cari e-KTP gue dan ternyata ada.

Gue makin speechless sama kerja mereka para Ibu-ibu karna kemarin gue kesana dan gue suruh cari dibelakang langsung bilang gak ada. Maksudnya apa??  Dan yang katanya bakal diSMS kalo e-KTPnya udah dicetak mana buktinya?? Semua omongan mereka gak bisa dipenggang guys, jadi saran gue kalo lo ngurus e-KTP lo sendiri diCapil terutama di Capil Pelaihari lo mending follow up terus ke mereka, walaupun lo harus debat sama mereka gak masalah guys, karna itu emang udah tanggung jawab mereka. Dan mereka gak akan didebat sama orang kalo kerja mereka bener, itu sie yang paling penting menurut gue karna kalo mereka kerjanya bener otomatis mereka kerjanya tepat waktu dan angka bikin kecewa masyarakat itu sangat minim.  

Oke guys, itu pengalaman gue ngurus e-KTP di Capil tempat gue tinggal sekarang. Tapi gue nga tau sie kalo berurusan diCapil daerah lain apakah kaya gini juga atau engak pelayanannya, mungkin ada yang lebih baik atau malah lebih buruk. Harapan gue sie semoga pelayanan Capil khususnya dimana gue tinggal sekarang jadi lebih baik. Oia kalian yang punya pengalaman ngurus data kependudukan di Capil daerah lo masing-masing juga bisa share melalui komen dibawah ya.. sekian postingan gue semoga bermanfaat. See u… 

No comments:

Post a Comment